Rencana Penuhi Kebutuhan Darah Rumah Sakit di Tawau

Rencana Penuhi Kebutuhan Darah Rumah Sakit di Tawau

KBRN, Tarakan : Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tarakan berencana menjalin kerjasama dengan sejumlah rumah sakit di Tawau, Sabah, Malaysia, untuk memenuhi kebutuhan darah. Rencana itu terungkap setelah menerima kunjungan pihak Pengarah Kesehatan Negeri Sabah bersama rombongan ke markas PMI Tarakan, Minggu (5/11/2023).

Menurut Wakil Ketua Bidang Diklat dan Relawan PMI Tarakan, Muhammad, terbukanya peluang kerja sama ini tidak lepas dari kemampuan PMI Tarakan dalam menyiapkan stok darah yang banyak, karena didukung kesadaran pendonor yang sukarela mendonorkan darahnya.

“Alhamdulillah di Tarakan, darah kita stoknya banyak.  Tadi beliau datang ke lab melihat stok kita yang begitu banyak itu, beliau kaget. Di tempat mereka malah tidak ada. Jadi selalu butuhnya darah donor pengganti. Nanti butuhnya emergency, butuh darah di telpon. Sementara kita pendonornya banyak,” ujar Muhammad.  

“Ada kemungkinan kita untuk membuka kerja sama sehingga kita bisa melakukan pengiriman darah untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit di Tawau,” lanjut Muhammad. 

Dari sisi akses dan jarak juga turut mendukung. Di mana rumah sakit di Tawau menilai lebih mudah mendapatkan darah dari Tarakan dibandingkan daerah lain di luar sabah.

PMI Tarakan akan menindaklanjuti dengan mengurus perizinan agar pengiriman darah ini menjadi legal dan tidak ada hambatan. Sedangkan untuk kebutuhan, Muhammad menyakini bisa dipenuhi.  (Rajab)

Sumber : rri.co.id/tarakan

©Terima kasih telah membaca Tarakan Blog dengan judul "Rencana Penuhi Kebutuhan Darah Rumah Sakit di Tawau". Semoga betah di Blog Tarakan®

Tarakan Terkait