Pelabuhan Tengkayu I Wajib Berbenah

Pelabuhan Tengkayu I Wajib Berbenah

KBRN,Tarakan: Kepala Keasistenan Pencegahan Maladmisnitrasi ORI Perwakilan Kaltara Bidang, Bakuh Dwi Tanjung menerangkan pada penilaian Pelabuhan Tengkayu I sedikitnya dari 49 indikator layanan, ditemukan 25 indikator catatan merah yang artinya pelabuhan belum memiliki beberapa fasilitas wajib, serta 8 catatan kuning yang artinya memiliki beberapa item fasilitas namun kondisinya buruk, serta 16 catatan hijau yang artinya telah memiliki fasilitas dan kondisinya dinilai baik.​

Namun demikian, hal menjadi perhatian khusus ialah Pelabuhan Tengkayu I Tarakan yang saat ini merupakan pelabuhan percontohan di Kaltara. Akses utama masyarakat itu dinilai belum sepenuhnya laik.

Adanya kajian rapid assesment yang dilakukan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Kalimantan Utara (Kaltara) di tahun ini, ditemukan banyaknya catatan merah pada pelabuhan-pelabuhan daerah. Salah satu hasil kajian tersebut disimpulkan semua pelabuhan di Kaltara masih memiliki banyak catatan merah pada indikator kelaikan.

“Ada beberapa catatan yang kami temukan dalam rapid assessment, menyoal kelaikan fasilitas pelabuhan. Misalnya masalah aturan, sampai saat ini pengelolaan Pelabuhan Tengkayu I belum bersikap tegas sehingga hal ini membuat banyak kendaraan masuk hingga ke dalam (dermaga). Ini juga tentunya membahayakan masyarakat karena dermaga memiliki kapasitas terbatas untuk menahan bobot,” ujarnya, Jumat (3/11).

“Kemudian terminal, lahan parkir, kebersihan toilet, fasilitas kesehatan pelabuhan, keamanan, arus kendaraan, jadwal keberangkatan speedboat, belum adanya keterangan harga tiket tertulis, saran layanan, kontak darurat, fasilitas ramah disabilitas, ruang bebas rokok dan masih banyak lagi,” sambungnya.

Secara umum Pelabuhan Tengkayu I Tarakan statusnya belum selesai pembangunannya. Dalam dokumen rencana terminal atau ruang tunggu berada di tempat parkir saat ini atau area drop zone. Ke depannya, nanti akan dibangun terminal yang baru.

Sumber : rri.co.id/tarakan

©Terima kasih telah membaca Tarakan Blog dengan judul "Pelabuhan Tengkayu I Wajib Berbenah". Semoga betah di Blog Tarakan®

Tarakan Terkait