Puji Upaya PMI Tarakan punya Banyak Pendonor

Puji Upaya PMI Tarakan punya Banyak Pendonor

KBRN, Tarakan : Timbalan Pengarah Kesehatan Negeri Sabah, dr. Abd Kahar Abd Asis salut dengan upaya Palang Merah Indonesia (PMI) Tarakan yang mampu mendapatkan banyak relawan pendonor untuk memenuhi kebutuhan darah.

Hal itu berbanding terbalik dengan kondisi di Tawau, di mana rumah sakit harus kerja keras memenuhi kebutuhan pasien akan darah karena sulitnya mendapatkan pendonor.

“Yang kami terinspirasi sebenarnya adalah jumlah donor yang agak ramai di sini. Berbanding yang ada di Malaysia, kami terpaksa berusaha keras untuk mendapatkan donor-donor. Di sini, semangat sosialnya sangat tinggi,” ujar Abd Kahar Abd Asis kepada RRI Tarakan, disela berkunjung ke markas PMI Tarakan, Minggu (5/11/2023).

Karena itu, ia menilai, apa yang dilakukan PMI Tarakan bisa diterapkan di Tawau. Saat ini, proses donor darah dilakukan oleh rumah sakit. Namun, sulit mendapatkan relawan pendonor.

Sedangkan kebutuhan darah cukup tinggi. Sebelum pandemi, diproduksi kurang lebih 6 ribu kantong darah setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan sejumlah rumah sakit di Tawau.

Ia setuju dengan rencana kerja sama dalam hal memenuhi kebutuhan darah demi kemanusiaan. (Rajab)

Sumber : rri.co.id/tarakan

©Terima kasih telah membaca Tarakan Blog dengan judul "Puji Upaya PMI Tarakan punya Banyak Pendonor". Semoga betah di Blog Tarakan®

Tarakan Terkait